Biografi Singkat Albert Enstein

clearproject.org – Albert einstein adalah seorang ilmuwan fisika yang dipandang cukup luas sebagai ilmuwan terpintar di daalam abad ke – 20. Einstein yang lahir di Ulm di Wurttemberg Jerman, sekitar 100km sebelah timur kota Stuttgart.

Ayahnya yang bernama herman Einstein, seorang penjual bulu ranjang yang kemudian menjalani pekerjaan sains elektrokimia. Einstein mulai belajar matematika pada umur 12 tahun. Ada isu mengatakan bahwa einstein gagal dalam matematika di jenjang pendidikannya,

Akan tetapi hal tersebut tidak benar. Penggantian penilaian yang membuat bingung pada tahun berikutnya. Dua pamannya membantu mengembangkan ketertarikannya kepada dunia intelek pada masi akhir kanak-kanaknya, dan awal remaja dengan memberikan usul dan buku tentang sains.

Pada di tahun 1894, dikarenakan kegagalan bisnis elektrokimia yang dipunya ayahnya, Einstein pindah dari kota Munchen ke Pavia , Italia. Enstein tetap tinggal untuk menyelesaikan sekolahnya, Menyelsaikan satu semester sebelum bergabung kembali dengan keluarganya di kota Pavia.

Einstein menggunakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembang mekanika kuantum dan kosmologi. Einstein pernah mendapatkan penghargaan Nobel dalam pendidikan fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotolistrik dan fisika Teorotis.

Setalah teori relativitas umum sudah dirumuskan, Einstein menjadi sangat terkenal di seluruh dunia, pencapaian yang tidak biasa bagi ilmuwan. Pada di masa tuanya Einstein, keterkenalannya melampaui ketenaran semua ilmuwan yang ada di dalam sejarah.

Einstein berkata dianggap bersinonim dengan kecerdasan atau bahkan memang genius. Wajahnya merupahkan salah satu yang paling dikagumi seluruh dunia. Di tahun 1999, Einstein dinamakan Tokoh Abad ini oleh salah satu majalah Time untuk menghargai hasil karya ilmuwannya.

Sebuah satuan dalam foto kimia yang diberi nama Einstein, dan sebuah unsur kimia yang juga dinamai Einsteinium, yang artinya sebuah asteroiddinamai 2001 Einstein. Rumus yang diciptakan oleh einstein paling terkenal , adalah E=mc2.

Pada tahun 1909, Albert einstein diangkat sebagai profesor di salah satu Universitas Zurich. Di tahun 1915 Einstein menyelesaikan kedua teori relativitasnya. Penghargaan tertinggi atas kerja kerasnya sejak kecil sudah terbayar dengan diraihnya penghargaan Nobel pada tahun 1921.

Selain itu Albert Einstein juga mengembangkan sebuah teori Kuantum dan teori Medan yang menyatu. Di tahun 1933, Albert Einstein beserta keluarganya pindah ke negara Amerika Serikat yang dikhawatirkan kegiatan ilmiahnya yang baik sebagai pengajar atau peniliti terganggu.

Pada tahun 1941 ia mengucapkan sumpah menjadi warga tetap negara Amerika Serikat. Karena ketenaran dan ketulusannya dalam membantu orang kain yang sedang kesulitan, Einstein ditawari menjadi presiden di negara Israel yang kedua.

Pada jabatan yang ditawarkan kepada einstein menjadi presiden Israel yang kedua ini ditolaknya karena Einstein merasa tidak mempunyai kompetensi di bidang tersebut. Pada akhir tanggal 18 april tahun 1955, Albert Einstein meninggal dunia dengan meninggalkan karya besar disejarah dunia

foto albert enstein

Albert einstein mengalami pendarahan internal yang disebabkan pecahnya suatu aneurissma aorta di perut, yang sebelumnya telah dilakukan pembedahan oleh Doctor Rudolph Nissen di tahun 1948. Ia mengambil sebuah konsep pidato yang sedang dipersiapkan untuk penampilan di televisi.

Dalam pidatonya pada peringatan Albert Einstein, Fisikawannuklir yang bernama Robert Oppenheimer meringkas sebuah kesan pribadinya tentang Einstein.  “Dia hampir seluruhnya tanpa kecanggihan dan sepenuhnya tanpa keduniawian yang selalu ada bersamanya kemurnian indah.

Dalam masa peninggalannya Einstein, Einstein meninggalkan cukup banyak penghargaan dan penemuan, Berikut hasil penghargaan dan penemuan yang didapatkan dan ditemukan Einstein selama masa hidupnya :

Penghargaan Einstein

  • Hadiah Nobel Ilmuwan Fisika (1921)
  • Medali Mateucci (1921)
  • Medali Coppley (1952)
  • Medali Max Plank (1929)
  • Tokoh Time pada abad (1999)

Penemuan Albert Einstein

  • Relativitas khusus dan Relativitas umum
  • Efek pada fotoelektrik
  • persamaan massa dan energi
  • Teori gerak Browns
  • Persamaan medan Einstein
  • Statistika Bose – Einstein
  • Teori medan yang terpadu
  • Paradoks EPR

Sampai saat ini biografi albert einstein paling banyak di baca dan di gemari oleh pemuda-pemuda yang khususnya mengambil jurusan IPA fisika. (Sumber: www.dbiografi.com)