Angkak Efektif Turunkan Kolesterol

Pernah mendengar mengenai obat herbal Angkak? tentunya herbal yang satu ini sudah dikenal dimana-mana sangat baik untuk membantu penderita demam berdarah untuk meningkatkan trombositnya.

Tapi berdasarkan penelitian yang terbaru ternyata, selain untuk demam berdarah herbal yang berasal dari cina ini bisa juga menurunkan kolesterol dan bahkan lebih baik dibandingkan menaikkan trombosit pasien DBD.

Pada pasien DBD, jumlah trombosit yang turun disebabkan karena trombosit keluar dari aliran darah. Terapi yang diperlukan untuk penderita DBD adalah dengan banyak minum cairan apapun, seperti air putih, jus buah, susu, teh maupun cairan lainnya.

Hal ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi yang dapat membuat pembuluh darah mengecil (shock) sehingga bisa berakibat fatal. Jika kondisi pasien sudah membaik, maka dengan sendirinya trombosit akan masuk kembali ke dalam aliran darah dan jumlahnya kembali normal.

Di dalam angkak terdapat komponen bioaktif yaitu monacolin K yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Monacolin K diketahui identik dengan lovastatin (obat penurun kolesterol).

Kedua senyawa ini diketahui sangat efektif dalam terapi hiperkolesterolemia, karena kamampuannya untuk menghambat kerja enzim 3-hydroxy-3methylglutaryl CoA reductase (HMG-CoA reductase); enzim yang bertanggung jawab dalam proses pebentukan kolesterol di hati  Dengan terhambatnya kerja enzim tersebut, maka dapat dipastikan pembentukan kolesterol yang berlebihan d dalam tubuh dapat dicegah.

Penelitian Yang Dilakukan

Sebuah penelitian Liu dan kawan kawan pada tahun 2006 menunjukkan bahwa agkak dapat meghasilkan penurunan total kolesterol sebesar 35 mg/dl, kolesterol LDL sebesar 28 mg/dl, trigliserida sebesar 35 mg/dl dan kolesterol HDL meningkat sebesar 6 mg/dl. Oleh sebab itu, angkak lebih cocok digunakan sebagai obat heral penurun kolesterol dibandingkan jika digunakan sebagai obat herbal untuk DBD yang belum teruji efektifitasnya.

Namun demikian apakah konsumsi angkak secara terus menerus dijamin aman? keamanan dari angkak sendiri belum diketahui secara pasti terutama untuk pemakaian jangka panjang. mengingat monacolin K, kandungan aktif dari angkak, edentik dengan lovastatin maka tidak menutup kemungkinan angkak juga memiliki efek samping yang sama dengan obat golangan statin ini.

Obat Statin

Anda harus tahu mengenai obat golongan statin (simvastatin, atorvastatin, lobastatin pravastatin, rosuvastatin) merupakan obat penurun kolesterol yang apabila digunakan dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko kerusakan otot dan kerusakan hati.

Kerusakan otot ditandai dengan nyeri otot kekakuan kelemahan otot, dan mungkin menyebabkan penggelapan warna urin Kerusakan otot yang berkaitan dengan statin ini lebih lanjut dapat meyebabkan kerusakan ginjal maupun gagal ginjal.

Oleh sebab itu, sebelum menggunakan kapsul angkak dalam langka panjang, pasien harus konsultasi dengan koter atau apoteker terlebih dahulu dan secara rutin melakukan pengecekan terhadap fungsi hati dan ginjal.

Penggunaan kapsul angkak selama kehamilan dan menyusui juga harus dikonsultasikan dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu mengingat kolesterol digunakan oleh janin dalam membentuk jaringan otak dan empedu. Apabila produksi kolesterol dihambat, maka dapat mengingkatkan resiko cacat janin.

Untuk mendapatkan kapsul angkak bisa langsung ke toko herbal makassar, di tempat kami juga tersedia banyak produk herbal seperti fiforlif, kapsul daun kelor, kapsul binahong, kapsul angkak, foredi gel, oris, kapsul daun insulin, kapsul daun bidara, minyak kutus kutus, sabun cloris, madu gemuk badan, madu khusus lambung dan banyak lagi lainnya.