Cara Tepat Mencuci Mobil Supaya Tidak Baret

Para pemilik kendaraan memiliki sebuah kegiatan yang wajib untuk dilakukannya yaitu merawat kendaraan miliknya. Mencuci mobil adalah salat satu cara perawatan yang disarankan bagi mereka para pemilik mobil. Kegiatan ini dapat kamu lakukan, tetapi biasanya kegiatan mencuci mobil ini akan dilakukan di tempat khusus pencucian mobil atapun kamu dapat melakukannya sendiri di rumah. Tetapi yang perlu kamu perhatikan adalah tidak mencuci mobil sembarangan ataupun mencuci di tempat pencucian mobil yang tidak memiliki kualitas baik. Pasalnya jika kamu tidak mencucinya dengan benar, maka kemungkinannya hal tersebut akan menyebabkan bodi mobil kamu menjadi baret.

Lalu bagaimana cara mencuci mobil yang tepat supaya tidak benar? Berikut cara tepat mencuci mobil supaya tidak baret diantaranya yaitu :

  1. Membersihan Kotoran Yang Menempel Pada Bodi Mobil

Robby Kurnia selaku CEO Autoglaze Indonesia mengatakan jika cara cuci mobil yang paling tepat supaya tidak baret adalah secara langsung membersihkan kotoran yang menempel pada bagian bodi mobil dengan menggunakan sabun atau shampoo khusus yang ditambahkan dengan semprotan air supaya kotoran dapat terangkat dengan sempurna dari bodi mobil. Karena jika kamu langsung melapnya begitu saja akan menyebabkan kotoran yang menempel pada bodi mobil kamu akan menjadi baret baret.

  1. Dilakukan Secara Menyeluruh

Robby Kurnia pun menambahkan jika proses pencucian mobil tersebut dilakukan secara menyeluruh hingga kebagian luar mobilnya. Kemudian setelah itu kamu baru bisa mengelapnya sambil menyemprotkan air bersih lagi hingg ke permukaan bodi mobil yang ingin dibersihkan.

  1. Mengelap Seluruh Bodinya

Dan untuk langkah yang terakhirnya adalah mengelap seluruh bodinya hingga kering dengan menggunakan lap microfiber yang memiliki tekstur lembut sehingga tidak akan menyebabkan bodi mobil menjadi baret baret kecil.

Christopher Sebastian pun memiliki pendapat yang sama, dimana dirinya mengungkapkan pada saat mencuci mobil maka sebaiknya tidak langsung membersihkan kotorannya tanpa menggunakan air atau sabun khusus supaya bodi mobilmu tidak cepat baret. Oleh karena itu sebaiknya seluruh permukaan bodi mobilnya dibilas terlebih dahulu. Kemudian setelah itu baru menggunakan sabun atau shampoo khusus supaya mobil menjadi lebih bersih.

Tetapi jika kamu akan menggunakan jasa cuci mobil yang berada ditempat pencucian mobil, maka sebaiknya selalu memperhatikan cara atau langkah pembersihan yang dilakukan oleh jasa pencucian mobil tersebut secara detail supaya bodi mobil kamu tidak menjadi baret baret.

Tetapi jika bodi mobil kamu sudah terlanjur ada baretnya, tidak perlu khawatir karena ada cara mudah dan cepat untuk menghilangkannya seperti :

  • Pada saat membersihkan bodi mobil gunakan kanebo basah atau lap dengan tekstur lembut. Cara ini tidak hanya akan menghilangkan baret saja tetapi juga akan membersihkan mobil secara keseluruhan.
  • Pada saat bodi mobil kamu mengalami baret, maka yang harus kamu lakukan adalah hanya perlu menyiapkan beberapa alat seperti alat untuk memoles, kain dengan tekstur yang lembut, dan juga kompon poles. Jika semua bahannya sudah terkumpul dengan lengkap barulah kamu dapat memulai proses pemolesan mobil.
  • Untuk menghilangkan baret pada bodi mobil juga, kamu bisa memanfaatkan pasta gigi. Tetapi kamu harus menyiapkan kain dengan teksturnya yang lembut sebagai wadah untuk menuangkan pasta giginya. Yang harus kamu ingat adalah bodi mobil kamu dipastikan harus dalam keadaan bersih, terlebih pada bagian yang ada baretnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *