Tungau Debu Penyebab Asma, Tahukan Anda?

tungau debu

Keluarga Anda tidak mendapati riwayat asma namun sedihnya buah hati Anda terjangkit asma ringan, kira-kira apa ya penyebabnya? Coba kita teliti dari lingkungan rumah dahulu sebelum mengklaim penyebabnya dari lingkungan luar ya! Bisa jadi karena efek racun dari tungau debu.

Tungau Debu

Tungau debu adalah sejenis hewan mikro kelas serangga berbuku-buku (artrhopoda) yang mendiami lahan lembab, jarang terpapar sinar matahari dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop karena ukurannya sangat kecil sekali. Tungau debu lebih berbahaya daripada tungau kasur karena kehidupannya menyebar di semua area lingkungan dan mampu bertahan di cuaca ekstrem sekalipun karena memiliki cangkang kuat pelindung. Makanan tungau debu adalah sel-sel kulit manusia atau hewan yang ada di sekelilingnya, jika Anda jarang mandi dan membersihkan lingkungan ancaman tungau debu bisa saja menyerang kesehatan.

baca juga blog mengenai sedot tungau jakarta

Alergi dari Tungau Debu

Penyebaran tungau debu sejatinya tidak bisa hilang total namun bisa dicegah perkembangannya dengan beberapa cara di bawah ini:
– Bersihkan semua perkakas di rumah Anda
– Jauhkan rumah dari tempat pembuangan sampah
– Rutinlah mencuci area tidur atau area yang sering digunakan untuk aktivitas.

Kumpulan populasi tungau debu akan menimbulkan alergi dari tungau debu yaitu sakit dada, sesak nafas, asma ringan, batuk dan gatal-gatal. Tungau debu ini akan bertebangan dan hinggap di area yang dirasa cocok untuk berkembang biak, maka jika Anda ingin tidak terlalu repot bisa menggunakan vacuum cleaner penyedot tungau yang kini banyak disewakan.

kunjungi juga website tentang jasa sedot tungau jakarta

Populasi Tungau Debu

Terkadang tungau dibawa oleh hewan yang berbulu seperti kucing dan anjing namun Anda harus waspada jika ada hewan tersebut masuk ke dalam kamar tidur. Tungau debu akan bersembunyi dalam pori-pori bawah bulu lapisan kulit epidermis atas hewan kucing atau anjing. Terutama hewan berbulu yang tidak dirawat oleh pemiliknya, bukan karena bulu kucing yang membuat mengi (sesak nafas) tetapi karena virus pembawa dari tungau debulah yang membuat sakit. Tungau debu di kasur bisa dibawa oleh hewan peliharaan yang ikut masuk ke kamar, meskipun tidak ikut tidur. Tungau debu akan pindah area dan mulai bereproduksi.

Penggunaan AC dan jendela yang mencukupi akan menghindari Anda dari bahaya tungau debu. Selain itu, Anda juga harus meningkatkan daya tahan tubuh agar ketika virus masuk bisa ditangkal oleh tubuh.