4 Contoh Perangkat Keras Komputer Beserta Penjelasannya

nama nama perangkat keras

Dikutip dari artikel perangkat keras komputer, berikut beberapa daftar nama hardwarenya:

Monitor

Tanpa adanya monitor, kalian ga akan bisa melihat output data yang dilakukan komputer. Monitor berfungsi untuk menunjukkan data hasil dari pemrosesan yang dilakukan komputer kalian.

Meskipun hanya sekali, pernahkah kalian lihat orang yang mengaplikasikan 2 – 3 monitor yang saling terhubung? yeap, umumnya orang design sering mengaplikasikan komputer yang berukuran ultra wide untuk kebutuhannya.

Kecuali itu, monitor modern seperti kini umumnya dilengkapi dengan extra feature seperti refresh rate yang menempuh spot 240Hz. Untuk kalian yang menyenangi game FPS apalagi game online semacam CSGO, monitor ini pastinya jadi cita-cita banget deh.

Motherboard

Haruskah kita membeli motherboard yang mahal? mengapa sih motherboard tuh bisa mahal, dan apa bedanya dengan mobo biasa yang harganya di bawah 1 juta namun punya socket LGA yang support?

Pertanyaan seperti ini sering kali mengelilingi kepala kita dan memberikan kita 1 asumsi yang sama “makin mahal harganya ya makin bagus” namun, di mananya?. Tentunya semakin mahal sebuah mobo akan memberikan extra feature seperti: extra ports, extra VRM cooling, support crossfire/sli yang lebih bagus, dll.

Bahasa awamnya ya mungkin untuk mobo yang mahal mengaplikasikan bahan-bahan yang lebih berkwalitas untuk menyangga cpu, vga, ssd dan apapun yang terhubung dengan motherboard itu sendiri dengan keinginan daya kerja yang lebih bagus dan stabil.

Mouse

Benda kecil dengan tombol minimal 2 buah di ujung kiri dan kanan, 1 scroll wheel dan sensor pada bagian bawah, itulah benda yang kalian gunakan untuk menggerakan kursor dan disebut dengan mouse.

Mouse memang memiliki harga yang bervariasi, namun aku pribadi lebih menganjurkan untuk membeli mouse biasa yang umumnya harga 50 – 75 ribu dengan energi bendung dan kesanggupan klik yang bagus dibanding mouse “gaming” yang harganya 500 – 700 ribu.

Namun kan ada DPI nya min? seriusan deh, kalian aja belum tentu paham apa maksud dari DPI ini. DPI itu Dots per Inch, artinya kalo contohnya mouse itu punya 1600 DPI, dan kalian geser 1 inch gitu, mouse itu akan bergerak sebanyak 1600 pixel, kalian bisa tau 1600 pixel itu seberapa jauh?

PSU

PSU adalah singkatan dari Power Supply Unit. Seperti namanya, perangkat ini berfungsi untuk memberikan suplai energi yang dibutuhkan komputer supaya bisa berprofesi secara optimal atau setidaknya stabil.

Sebuah power supply biasanya disertai dengan lubang pembuangan angin untuk mencegah panas yang berlebihan. Oleh maka betul-betul penting untuk melihat kemana power supply membuang udara.

Semakin banyak perangkat yang kalian berharap gunakan, semakin besar juga energi yang dibutuhkan untuk menjalankan perangkat itu. Itulah kenapa banyak sekali macam tegangan power supply yang bisa kalian pilih.

Leave a Reply