Gangguan Yang Sering Dialami Genset

Gangguan Yang Sering Dialami Genset

Gangguan Yang Sering Dialami Genset – Pemakaian listrik memang menjadi salah satu kebutuhan hidup yang sangat dibutuhkan pada masa kini. Hal ini berkaitan dengan penggunaan alat rumah tangga dengan bantuan genset yanmar diesel terbaik bahkan alat perkantoran yang juga banyak membutuhkan energi listrik. Namun, ada beberapa gangguan yang seringkali dihasilkan dari arus listrik ini.

Berikut beberapa gangguan yang sering dialami genset, antara lain.

Noise

Noise adalah suatu gangguan berupa naik turunnya tegangan listrik atau voltase. Pada kasus ini, gangguan naik turunnya tegangan yang terjadi tidak begitu banyak. Sebagai contoh, jika standar voltase tegangan listrik 1 phase sebesar 220 volt, maka noise akan menyebabkan tegangan turun dan naik hingga menjadi 220 – 240 volt.

Hal ini tentu bisa menyebabkan bahaya lain dapat terjadi walaupun keadaannya tidak langsung drop atau naik secara drastis, melainkan perlahan. Untuk bisa mengatasi gangguan listrik ini, Anda bisa menggunakan Automatic Voltage Regulator (AVR) atau umumnya di kenal masyarakat dengan istilah Stabilizer.

Brown Out/SAG

Bagi para pemakai alat elektronik tampaknya sangat familiar mendengar kasus Brown Out ini. Pada kondisi ini, yang terjadi adalah turunnya tegangan listrik secara drastis hingga 50 persen dari kondisi normal dan mampu naik kembali ke kondisi normal dalam waktu yang cepat.

Brown Out ini umumnya terjadi hanya beberapa detik, akan tetapi dampaknya dapat dirasakan ketika melihat lampu yang redup beberapa saat. Selain itu, juga terjadi pada komputer yang suka restart sendiri.

Blackout

Berikutnya, gangguan pada genset ini biasa disebut dengan padam total. Pada kondisi ini, sumber tenaga yang menyuplai arus listrik mati sehingga semua peralatan elektronik mati secara mendadak. Sehingga, tidak ada sama sekali aliran listrik yang mengalir, dikarenakan matinya sumber daya tersebut, hal ini disebut dengan Blackout.

Para pemakai listrik di Indonesia, biasanya mendapat suplai dari PLN dan biasanya pihak PLN akan melakukan pemadaman jika terjadi beberapa kendala seperti gardu induk yang bermasalah, sistem pembangkit yang error, sistem distribusi yang gagal, bencana alam, dalam proses perbaikan, atau alasan lainnya.

Surge dan Spike

Surge merupaka gangguan listrik yang berkebalikan dengan Brown out/SAG, dimana tegangan naik hingga puluhan kali lipat dari dan turun kembali secara drastis. Hal ini terjadi akibat beban berat yang dialiri listrik berakhir, Sebagai contoh, perangkat sound system yang dimatikan atau karena tersambar oleh petir. Gangguan ini juga dapat ditangani dengan alat UPS yang dilengkapi fitur Sure Protector.

Leave a Reply