Mengenal Alat Kesehatan Elektromedik Dan Beberapa Contohnya

mengenal alat elektromedik

Alat kesehatan merupakan instrument wajib yang harus ada di rumah sakit dan klinik. Tanpa alat kesehatan, mustahil rumah sakit dapat beroperasi. Alat kesehatan itu sendiri adalah semua alat, instrument, mesin, implant yang tidak mengandung obat yang berfungsi untuk mencegah dan mendiagnosa penyakit, menyembuhkan orang sakit, serta memulihkan kesehatan pada manusia.

Di rumah sakit, terdapat beberapa jenis alat – alat kesehata. Setidaknya terdapt tiga macam alat kesehatan yaitu alat Elektromedik, Non Elektromedik dan alat diagnostic in vitro. Ketiga alat tersebut memiliki peranan yang termaktub dalam pengertian alat kesehatan yang sudah kita sebutkan diatas.

Pada kesempatan kali ini, perkenankanlah penulis ingin berbagi informasi tentang salah satu jenis alat kesehatan diantara ketiga alat tersebut yaitu alat kesehatan Elektromedik. Alat Elektromedik adalah alat kesehatan yang dalam proses operasionalnya mengunakan membutuhkan tenaga listrik.

Contoh Alat Elekteromedik Dan Fungsinya

# Defibrillator

Mungkin sebagian dari anda tidak mengenal alat ini. Bahkan banyak orang tidak mengetahui alat ini. Ini adalah alat yang digunkan untuk kejut jantung. Ketika jantung mengalami serangan dalam kondisi seperti ini yang terjadi biasanya adalah fibrilasi ventrikel. Yaitu kondisi dimana jantung berdetak acak dan kencang namun tidak dapat memompa darah.

Defibrillator berperan sebagai alat kejut jantung dengan memberikan stimulus energi listrik dalam kapasitas tertentu. Hal ini akan mempengaruhi jantung sehingga jantung akan memulai kembali detaknya secara normal.

# EKG (Elektrokardiografi)

Alat ini masih berhubungan dengan jantung, yaitu sebuah alat yang digunakan untuk memeriksa kesehatan jantung. Alat ini dapat merekam aktifitas kelistrikan otot jantung kemudian menampilkan dalam sebuah grafik yang disebut elektrokardiograf. Grafik ini akan menunjukan gambar yang khas untuk jantung yang sehat. Sehingga dokter akan mengetahui dimana letak gangguan yang dialami oleh seorang pasien.

# Mesin Anestesi

Pernahkan anda menjalani operasi, atau melihat orang operasi. Sebelum melakukan operasi dokter biasanya akan melakukan pembiusan atau menghilangkan kesadaran agar tidak merasa sakit. Teknologi canggih sekarang ini dalam proses pembiusan digunakan sebuah mesin yang disebut dengan mesin anestesi. Mesin ini berfungsi untuk mengatur laju aliran gas bius sehingga pasien dapat dikontrol seberapa lama ia harus dihilangkan kesadarannya.

Masih ada banyak sekali alat – alat Elektromedik lainnya yang tidak bisa kami sebutkan secara keseluruhan. Mudah – mudahan yang sedikit ini bermanfaat. Informasi untuk anda yang membutuhkan alat defibrillator, anda bisa lihat produk – produk defibrillator berkualitas di www.jualdefibrillator.com. Sebuah toko online yang jual defibrillator lengkap, toko defibrillator Resmi yang berbadan hukum. Sekian, semoga bermanfaat !

Bahan Alami Sebagai Cara Menghilangkan Jerawat Punggung

Bahan alami sebagai cara menghilangkan jerawat punggung banyak diincar para pencari berita di dunia maya saat ini. Adanya jerawat yang ada pada setiap orang...
Coughter
1 min read

Inilah Tips Cara Menyembuhkan Meningitis Dengan Cepat

Cara Menyembuhkan Meningitis Dengan Cepat bisa dibilang susah-susah gampang, mengapa demikian ? anda pernah mendengar kabar artis cantik ashanty bukan ? tahun lalu istri anang...
Coughter
1 min read

Leave a Reply