Metode Sterilisasi Alat Kesehatan Di Rumah Sakit & Klinik

metode sterilisasi rumah sakit

Sterilisasi merupakan satu hal yang wajib dilakukan di rumah sakit atau klinik. Terlebih lagi ketika rumah sakit tersebut sudah memiliki unit ruang operasi atau kedokteran gigi. Disana terdapt banyak alag – alat yang digunakan secara continue dari orang yang satu dan pasien lainnya. Alat – alat seperti inilah yang perlu disterilkan secara benar.

Ada banyak metode sterilisasi yang bisa dilakukan secara umum, namun untuk sterilisasi alat – alat medis di rumah sakit dan klinik setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini akan dibahas secara singkat mengenai beberapa metode sterilisasi yang dilakukan di rumah sakit dan atau klinik.

Macam Metode Sterilisasi di Rumah Sakit

# Metode Fisik Panas Kering

Sebelumnya, kita sudah mengenal ada beberapa metode sterilisasi secara umum yaitu fisik, mekanik, kimiawi. Metode pemanasan termasuk ke dalam metode fisik. Panas kering salah satunya. Proses sterilisasi menggunakan metode panas kering dilakukan dengan menggunakan alat sterilisasi kusus yang sering disebut dengan sterilisator kering (dry heat sterilizer). Panas kering ini berasal dari radiasi inframerah dengan suhu tinggi yang terdapat pada alat tersebut.

# Metode Panas Uap Bertekanan

Metode selanjutnya yang sering digunakan di rumah sakit atau dan klinik yaitu metode panas uap bertekanan. Metode sterilisasi dengan cara dikukus ini dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut Autoclave. Alat ini berbentuk seperti panci bertekanan yang dilengkapi dengan timer. Metode ini dipercaya merupakan metode yang cukup efektif dalam proses sterilisasi alat medis. Hal ini karena dengan metode ini kita dapat membasmi mikroorganisme hingga pada spora.

# Metode Kimiawi

Metode ini sebenarnya merupakan metode awal yang digunakan sebelum metode fisik dilakukan. Seperti contoh pada proses sterilisasi dengan uap bertekanan. Sebelumnya didahului dengan metode perendaman dengan menggunakan zat kimia desinfektan. Selain itu, metode ini juga dilakukan untuk alat – alat seperti termometer. Cara sterilisasinya cukup dengan mencelupkan ujung alat ke dalam larutan desinfektan.

Nah itulah beberapa metode sterilisasi yang digunakan di rumah sakit. Sebetulnya ada satu lagi metode yang biasanya digunakan. Namun proses sterilisasi ini dilakukan untuk mensterilkan rungan. Yaitu dengan menggunakan metode sinar uv. Mungkin ini saja yang bisa kami sampaikan di kesempatan ini, sekedar informasi untuk anda yang sedang membutuhkan alat – alat sterilisasi, anda bisa cek produk Autoclave murah di distributor alat kesehatan online resmi di www.gloryamedica.com, sekian semoga bermanfaat !