Tata Cara Perawatan Tanaman Padi yang Baik

Bisa dibilang budidaya tidak semudah yang diperkirakan. Selain potensi kegagalan akibat hama, penyakit hingga karena masalah cuaca dan bencana, keahlian orang tersebut juga sangat berpengaruh terhadap hasil panen.

Nah disini saya ingin membagian beberapa hal penting mengenai teknik perawatan padi yang baik dan benar. Ingin tahu apa saja hal tersebut? Silakan langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

1. Pemupukan

Pemupukan padi pertama dan kedua memang harus diperhatikan, hal ini juga harus disesuaikan dengan varietas padi yang akan digunakan. Misalnya untuk padi ciberes 02 tentunya berbeda dengan padi trisakti karena memang umur panennya beda jauh.

Maksimal pemupukan pertama 10 hari sejak tanam, lalu untuk pemupukan kedua maksimal 25 hari sejak tanam. Jika sampai terlambat tentunya akan mengganggu tingkat pertumbuh kembangan padi.

2. Penyiangan

Menyiangi rumput memang pekerjaan yang melelahkan. Selain gatal, kadang susah untuk tanah yang bertekstur kering keras. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mencoba memberikan obat rumput pada saat pemupukan 1 bersama dengan urea.

Usahakan saat memberikan obat rumput ini dalam keadaan berair. Sehingga lebih efektif dan memiliki efek yang baik pula bagi tanaman padi karena pupuk lebih terserap.

3. Pengendalian hama dan penyakit

Beberapa jenis padi seperti halnya padi cakrabuana 03 memang sudah memiliki kekebalan yang baik terhadap golongan hama dan penyakit tertentu. Namun tentunya tidak ada salahnya bila melakukan beberapa pencegahan terhadap gangguan hama dan penyakit.

Beberapa hama yang memang sangat sudah dikendalikan adalah tikus dan wereng. Dua hama ini bisa menjangkit dan meluluhlantakan padi dalam waktu singkat. Maka dari itulah penting sekali bagi seorang petani untuk memberikan perlindungan sejak awal padi padinya.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan perawatan padi. Apapun jenis padinya, tidak bisa menghasillkan gabah yang tinggi bila dalam masa tanamnya tidak memperhatikan perawatannya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di artikel berikutnya. Jangan lupa kunjungi selalu clearproject. Terima kasih.

Leave a Reply