Manfaat Pemasangan Spoiler Mobil yang Wajib Anda Ketahui

Penambahan aksesoris pada kendaraan sebenarnya tidak hanya memiliki tujuan untuk membuatnya tampil lebih keren saja, melainkan lebih dari itu juga ditujukan untuk nilai fungsi lain, seperti diantaranya adalah meningkatkan visibilitas karena penggantian lampu mobil ataupun sejenisnya. Semakin kesini bahkan jika dilihat ada kian banyak diantara produsen yang menawarkan produk aksesoris mobil yang dijual secara bebas ke pasaran. Beberapa diantaranya mungkin akan cocok dengan kebutuhan Anda, salah satu yang mungkin sudah tidak asing lagi adalah spoiler mobil.

Sering kali mungkin banyak yang melihatnya, di beberapa kendaraan ditambah dengan aksesoris yang satu ini, lalu sebenarnya apa fungsinya? Tentu saja bukan sekedar untuk menambah nilai estetika bukan. Berikut ini diantara fungsi dari spoiler mobil tersebut yang patut untuk Anda ketahui, yaitu:

  1. Menambah tekanan pada bagian bawah mobil, dengan demikian nantinya bisa mengurangi gaya angkat yang timbul dikarenakan kecepatan tinggi ketika sedang berkendara. Gaya angkat inilah yang menyebabkan mobil menjadi melayang dan tidak stabil ketika tengah digunakan berkendara, tentunya akan sangat membahayakan bukan, karena pengemudi nantinya bisa menjadi kehilangan kontrol. Untuk itulah dipasangkan spoiler tersebut.
  2. Digunakan untuk meningkatkan pengendalian mobil, hal ini dikarenakan efek aerodinamis yang ada pada kendaraan menjadi semakin tinggi dengan pemasangan alat tersebut, sehingga mempertahankan roda kendaraan nantinya bisa tetap menempel di atas jalanan atau aspal.

Namun juga patut untuk diketahui bahwa spoiler ini hendaknya tidak dipasangkan secara sembarangan di mobil. Biasanya alat ini akan dipasangkan pada bagian belakang mobil yaitu ditempelkan pada bagian atas dari pintu bagasi tersebut. Sedangkan pada kendaraan yang tidak memiliki bagasi di bagian belakang, maka spoiler akan dipasangkan di atap atau kaca belakang kendaraan. Selain pemasangan di bagian belakang maka sering kali bagian depan juga harus dipasangkan hingga ke bagian samping mobil, karena jika tidak seimbang pemasangannya maka berdampak pada mobil yang bergerak secara tidak tentu, juga bisa mengubah haluan kendaraan tersebut ketika sedang melaju kencang.

Di pasaran sendiri memang ada banyak sekali spoiler untuk mobil yang dijual, namun pastikan tidak sembarangan di dalam memilihnya, karena salah-salah justru bisa menyebabkan masalah ketika berkendara, karena tidak semua produknya berkualitas baik dan dapat bekerja sebagaimana mestinya, hendaknya hanya memilih spoiler yang dapat mengembang ketika kendaraan tersebut dikendarai hingga kecepatan 100 km perjam, sehingga nanti lajunya akan semakin ringan normal.

Spoiler mobil yang dijual di pasaran harganya beragam, tergantung dari merk yang ingin Anda gunakan, namun hendaknya hanya membeli yang berkualitas, bisa langsung cek pilihan produknya di Rumah Modifikasi, selain spoiler dapatkan juga berbagai pilihan aksesoris berkualitas lainnya disana.