Kenapa Harga Beras Semakin Mahal

Disamping harga karet serta kelapa yang jatuh akibat minimnya permintaan akan minyak kelapa serta karet di pasar Internasional, akhir-akhir ini juga terjadi kenaikan harga beras yang menjadi topik perbincangan utama di masyarakat. Harga beras mencapat titik tertinggi pada awal tahun 2018 hingga akhir 2018 lalu yang mencapai Rp. 10.500,- sampai dengan 11.500,- per kilo nya.

Angka ini sangat jauh di bandingkan dengan harga di tahun sebelumnya, yakni Rp. 9.500,- per kilo. Dengan harga beras yang semakin mahal ini semakin menyulitkan masyarakat untuk membeli beras. Namun disamping itu, harga jual dari petani tidaklah terlalu signifikan, bahkan bisa dibilang tetap.

Belum lagi, terbatasnya stok beras di setiap daerah menjadi persoalan tambahan lainnya dan membuat suasana semakin sulit lagi. Namun, sebagian dari Anda mungkin bertanya kenapa harga beras semakin mahal? Adakah factor yang menyebabkan hal ini?

Sekelumit pertanyaan kenapa harga beras semakin mahal? ini di jawab dengan berbagai pendapat.

Salah satu pendapat mengenai beberapa ahli ekonom adalah terkait teori ekonomi yang menjelaskan bahwa semakin tinggi permintaan maka kurva penawaran harga akan semakin tinggi.

Mungkin hal ini yang sekarang sedang di alami Indonesia. Di sisi lain, produksi beras yang sedikit juga menjadi faktor tambhan lainnya yang menyebabkan harga tinggi.

Permintaan yang di barengi dengan harga tinggi ini lah kemudian menciptakan situasi di mana masyarakat membutuhkan bahan komplementer untuk mengatasi hal ini.

Pemerintah kemudian memberikan solusi dengan memberikan subsidi beras kualitas medium, bukan kualitas unggulan seperti beras pandan wangi atau IR 64, atau bahkan beras basmati. Kendati demikian, uapaya ini tidak cukup untuk mengatasi permintaan yang semakin membludak.

Permasalahan lainnya adalah adanya oknum oknum yang menimbun beras untuk di jual pada musim harga naik. Hal ini sangat merugikan masyarakat serta pemerintah.

Maka dari itu, perlu adanya pengawasan yang lebih intensif terhadap oknum yang mengambil keuntungan pribadi dalam situasi sulit Negara seperti ini.

Bahan pangan menjadi bagian pokok untuk memenuhi kebutuhan. Sudah seharusnya pemerintah capur tangan akan hal ini dengan memaksimalkan potensi di sektor pertanian.

Sehingga pangsa pasar lokal tidak perlu melakukan impor beras luar negeri untuk memenuhi kebutuhan. Demikian, informasi kenapa harga beras semakin mahal?. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jangan lupa selalu kunjungi blog clearproject untuk mendapatkan informasi yang berguna untuk anda.