Lomba Teknologi Berhadiah Fantastis

Lomba Teknologi Berhadiah Fantastis

Ada berbagai macam cara yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mengiklankan produk atau jasanya. Cara yang paling konvensional tentu saja memasang iklan lewat media massa, termasuk melalui pesohor di dunia maya. Bentuk lain iklan juga bisa hadir melalui giveaway atau lomba. Giveaway biasanya lebih mudah diikuti karena peserta hanya cukup melakukan tugas ringan seperti melakukan like atau follow terhadap akun media sosial tertentu. Sementara lomba tentu saja lebih berat karena harus ada serangkaian aktivitas yang dilakukan dan hasilnya akan dinilai oleh tim juri untuk menentukan pemenangnya.

Bicara soal lomba, perusahaan raksasa teknologi sering kali membuat lomba dengan hadiah yang nilainya fantastis. Memang lomba yang diadakan perusahaan raksasa teknologi tersebut tak selalu terkait iklan, tetapi toh hasilnya kurang lebih sama; membuat mereka dilirik oleh masyarakat banyak. Berikut ini adalah beberapa lomba dengan hadiah fantastis yang pernah diadakan oleh perusahaan raksasa teknologi.

Kontes SEO Dalam Negri
Banyak perusahaan besar yang mengadakan kontes SEO dan menawarkan hadiah dengan total uang yang fantastis. Salah satu perusahaan yang pernah menggelan kontes tersebut adalah dealer mobil Nissan. Mereka menantang jasa seo semarang murah & terbaik untuk mengulas mobil keluaran terbaru di blognya masing-masing dan arikel siapa yang berhasil bertahan di nomor satu google dalam kurun waktu tertentu, bisa mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah.

Google Lunar XPrize
GOOGLE Lunar XPRIZE merupakan sebuah lomba yang cukup ambisius. Pemenangnya dituntut untuk bisa mendaratkan robot ke permukaan bulan dan berjalan paling tidak 500 meter. Robot bersangkutan juga diminta mampu mengirimkan foto dan video resolusi tinggi. Lomba ini diadakan X Prize Foundation, sebuah yayasan yang sering mengadakan lomba teknologi untuk mendorong pengembangan teknologi. Nama Google disematkan pada lomba ini karena bertindak sebagai sponsor. Google Lunar XPRIZE diumumkan pada tanggal 13 September 2007. Pemenang pertama akan mendapatkan US$20 juta, sedangkan pemenang kedua akan mendapatkan US$5 juta. Sayang sekali, sampai berakhir pada bulan Januari 2018, tidak ada satu pun yang berhasil meraih hadiah.

Pwnium 4
Lagi-lagi Google berada di balik lomba yang memiliki hadiah fantastis. Lomba dengan nama yang cukup aneh ini, Pwnium 4, ditujukan untuk mencari kelemahan atau bug pada Chrome OS. Sebagai pengembang Chrome OS, Google sering kali kesulitan dalam menemukan bug atau celah keamanan pada sistem operasi ini. Oleh karena itu, mereka mengadakan lomba dengan “menantang” para peretas terbaik dunia untuk menemukannya. Nilai total hadiah yang disediakan adalah US$2,71828 juta. Uniknya, angka 2,71828 merupakan sebuah konstanta dalam matematika, yaitu Bilangan Euler yang dilambangkan dengan e. Dalam lomba ini, hanya ada 1 orang pemenang yang berhasil merebut hadiah sebesar US$150.000.

Hack The Pentagon
Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui Layanan Pertahanan Digital (Defense Digital Service) mengadakan sebuah program percontohan berhadiah yang tergolong berani, yaitu sebuah lomba untuk meretas Pentagon. Lomba diadakan pada tanggal 18 April 2016 sampai 12 Mei 2016. Tujuan dari lomba ini adalah untuk mengidentifikasi dan mencari solusi terhadap celah keamanan yang ada di Pentagon. Lomba ini berhasil menjaring 1.400 peserta, tetapi hanya 250 peserta saja yang berhasil mengirimkan laporan yang sah tentang adanya celah keamanan. Setelah melalui proses penjurian, akhirnya 138 peserta memenuhi syarat untuk mendapatkan hadiah. Total hadiah yang saat itu berhasil direbut oleh para peretas adalah US$75.000.

Pwn2Own
Pwn2Own adalah kontes peretasan yang diadakan setiap tahun, bersamaan dengan konferensi keamanan teknologi CanSecWest. Pada kontes ini, peserta dituntut untuk menemukan celah keamanan pada peranti lunak dan perangkat ponsel yang banyak digunakan. Pemenang kontes akan mendapatkan perangkat ponsel yang berhasil mereka retas, sejumlah uang tunai yang ratarata bernilai ratusan ribu dolar Amerika Serikat, dan sebuah jaket yang berhak mereka kenakan karena memiliki status pemenang. Setelah berbagai celah keamanan ditemukan, para produsen terkait segera menerbitkan patch untuk menambal celah keamanan tersebut. Hal ini misalnya terjadi pada Safari, Adobe Reader, dan Samsung Galaxy S6.

PUBG Mobile Campus Championship
Kali ini info tentang lomba berhadiah fantastis datang dari dalam negeri. Lomba tersebut adalah Indonesia PUBG Mobile Campus Championship 2018. Turnamen ini diklaim merupakan turnamen antarkampus terbesar di Indonesia. Total hadiah yang diperebutkan adalah Rp300 juta. PUBG Mobile dipilih sebagai tema turnamen karena merupakan salah satu gim yang sangat populer. Jumlah pemainnya juga sangat besar. Babak kualifikasi diadakan pada November 2018 sampai Januari 2019. Fase kedua, yaitu final regional yang diselenggarakan daring, diadakan pada Februari 2019. Sementara grand final akan diadakan pada Maret 2019. Jadi, saat artikel ini ditulis pemenangnya belum diketahui.