Ini Dia Cara Kerja Rem ABS Versi OTR.id!

Tempat Jual Mobil Jakarta Terpercaya otr.id – Faktor keamanan dalam mengendarai mobil menjadi salah satu kriteria utama saat itu, di antara para pembeli kendaraan kelas menengah ke atas. Saat ini, semua pembuat mobil bersaing untuk menempatkan teknologi pendukung dalam hal keselamatan penumpang dan pengemudi. Salah satu teknologi yang digunakan adalah ABS (sistem pengereman anti-lock). Sistem ini telah terintegrasi dengan teknologi keselamatan Toyota Indonesia, dan salah satunya dengan sistem ABS adalah Toyota Rush. Maka Anda harus bertanya pada diri sendiri bagaimana rem ABS bekerja. Jawaban untuk cara kerja rem ABS, saya akan menulis di halaman ini.
ABS (sistem pengereman anti-lock)

Dalam hal pengereman mendadak, pada kecepatan tinggi atau dalam cuaca hujan, jalannya licin. Anda pasti akan mengalami kesulitan pengereman mendadak. Roda diblokir dan mobil sulit dikendalikan. Sistem pengereman anti-lock ini, yang akan membantu Anda saat pengereman tiba-tiba, dan akan membantu Anda mengendalikan mobil jika Anda mengerem mendadak.

Sistem ini sudah diterapkan sejak lama, terutama untuk balapan. Tanpa sistem ini, pengemudi profesional juga mengalami kesulitan mengendalikan mobil jika rem tiba-tiba. Setiap pengemudi di jalan raya pasti akan menghindari pengereman mendadak, tetapi situasi terkadang mengharuskan dia untuk melakukan pengereman mendadak. Jika mobil Anda tidak dilengkapi dengan sistem ABS, roda akan diblokir. Mobil itu masih tergelincir dan sulit dikendalikan. Secara teori, sistem ini menghindari pemblokiran empat roda, dengan roda yang tidak terhalang, mobil lebih mudah dikendalikan. Selain itu, semua bagian ban mobil akan direm, yang dapat mencegah ban panas. Semua ini akan mengurangi jarak pengereman dan cengkeraman ban.

Jadi bagaimana cara kerja rem ABS? Sistem pengereman anti-kunci terdiri dari empat komponen utama yang saling tergantung. Keempat komponen memiliki fungsi yang berbeda, komponen tersebut meliputi:
1. Sensor kecepatan

Sensor ini digunakan untuk membaca kecepatan rotasi roda, baik di setiap roda atau di diferensial (tergantung pabrik).
2. katup pengereman

Ada katup di setiap saluran minyak rem, dan katup dikontrol oleh komputer / pengontrol ABS. Secara umum, katup rem memiliki tiga posisi berbeda.

Katup pada satu posisi: Pada posisi ini, katup terbuka penuh, sehingga tekanan minyak rem jenuh, langsung ditransmisikan ke rem.
Posisi katup 2: Dalam posisi ini, katup akan memblokir tekanan minyak rem, sehingga tekanan tidak dikirim ke rem bahkan jika pengemudi menekan rem.
Katup tiga posisi: Pada posisi ini, katup memblokir bagian dari tekanan oli rem, sehingga tekanan yang dikirimkan ke rem berkurang setengahnya, bahkan jika pengemudi menekan rem sepenuhnya.

3. pompa

Fungsi pompa ini adalah untuk mengembalikan tekanan pada garis pengereman yang dilepaskan oleh katup pada rem.
4. Pengontrol / komputer

Fungsi alat ini adalah otak yang mengontrol katup dan memproses data sensor kecepatan.
Bagaimana cara kerja rem mobil ABS?

Sensor kecepatan membaca kecepatan mobil kapan saja dan mentransmisikan data kecepatan ke controller. Agar mobil berhenti secara normal dengan kecepatan 100 kilometer per jam, diperlukan 5 detik. Tentu saja, ketika Anda melakukan pengereman normal, roda kendaraan tidak mengunci. Lain cerita jika Anda melakukan pengereman mendadak, roda akan terhalang. Waktu yang diperlukan untuk mengunci roda adalah sekitar 1 detik.