Prospektus D3 Manajemen Informatika

prospektus-d3-manajemen-informatika

Manajemen Informatika bersama-sama dengan sistem informasi, teknik informatika, komputer akuntansi, dan teknik komputer, merupakan bidang yang paling cepat berkembang sehingga terjadinya pergeseran di dunia usaha, industri, dan ekspansinya bisa menimbulkan kesempatan untuk lapangan kerja yang luas dalam berbagai sektor di bidang Manajemen Informatika meliputi pengembangan Sistem Informasi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, analisis dan desain sistem, sistem informasi untuk bisnis, metode dan peralatannya (bahasa pemrograman dan database), dan rekayasa sistem informasi.

Program studi Manajemen Informatika menerapkan, mengkaji, dan mengembangkan ilmu dengan melandasi rekayasa sistem informasi manajemen dengan secara menyeluruh. Arah kajian keilmuan dari program studi ini mencakup seperti disiplin, proses, teknik dan alat bantu yang dibutuhkan dalam melakukan rekayasa sistem informasi dengan meliputi tahap perencanaan, pembangunan, implementasi dan pemeliharaan.

Manajemen Informatika sangat diperlukan di berbagai bidang dalam dunia kerja, terutama di dalam menghadapi liberalisasi ekonomi di era globalisasi yang tidak lepas dari dunia informasi; sehingga perlu mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan sanggup berkompetisi dalam setiap aspek, khususnya pada bidang manajemen informatika.

Keunggulan Program D3 Secara Umum

Program Diploma Tiga (D3) dan Strata Satu (S1) mempunyai keunggulan tersendiri, keduanya sangat dibutuhkan di dalam dunia kerja. Secara umum lulusan Program Diploma Tiga (D3) mempunyai sebutan atau gelar “Ahli Madya” dengan disingkat A.Md., sedangkan untuk lulusan Program Strata Satu (S1) mempunyai gelar “Sarjana”.

Keunggulan Program D3

Masa studinya 6 semester yaitu 3 tahun, sehingga lebih cepat lulus dibandingkan dengan S1, dan tentu saja jumlah biaya studinya akan lebih ringan dibanding S1, sehingga bagi masyarakat yang ingin cepat terjun di dalam dunia kerja, disarankan untuk mengambil program D3.

Materi kuliahnya lebih aplikatif atau lebih ke praktek sehingga cenderung lebih “siap pakai” dibandingkan dengan S1, tetapi hal ini tetap bergantung dari individu masing-masing.

Kebutuhan akan tenaga kerja dengan lulusan D3 lebih banyak dibandingkan dengan yang S1. Karena lulusan D3 bakal akan mengisi level menengah pada piramida struktur organisasi dan manajemen perusahaan.